Keputusan Terstruktur dan Elemen Fisik pada Sistem Informasi Manajemen

     Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh. Selamat datang kembali di blog ini. Bagaimana kabarnya hari ini, saya doakan semoga baik-baik saja. Terima Kasih karena masih mengunjungi blog ini. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang elemen-elemen yang ada pada sistem informasi manajemen.
Sistem informasi manajemen


     Sistem informasi manajemen adalah sistem manusia atau mesin yang terpadu, untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. SIM merupakan keputusan terstruktur.

Keputusan Terstruktur
     Keputusan terstruktur adalah keputusan yang dilakukan secara berulang-ulang dan bersifat rutin. Keputusan ini dilakukan agar prosedur pengambilan keputusan sangat jelas. Keputusan ini terutama dilakukan pada manajemen tingkat bawah. Contohnya keputusan pemesanan barang yang merupakan perencanaan jangka pendek. Berikut contoh dari sistem informasi manajemen dengan keputusan terstruktur.
  1.  Sistem informasi akuntansi, menyediakan informasi dan transaksi keuangan.
  2. Sistem informasi akademik, menyediakan informasi tentang proses pendidikan yang sedang berjalan di suatu akademi atau sekolah atau perguruan.
  3. Sistem informasi pemasaran, menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan penelitian pasar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.
  4. Sistem informasi manajemen persediaan.
  5. Sistem informasi personalia.
  6. Sistem informasi distribusi.
  7. Sistem informasi pembelian.
  8. Sistem informasi kekayaan.
  9. Sistem informasi analisis kredit.
  10. Sistem informasi penelitian dan pengembangan.
  11. Sistem informasi analisis software.
  12. Sistem informasi teknik.
  13. Sistem informasi Rumah Sakit.
Elemen Fisik Sistem Informasi Manajemen
  1. Perangkat keras (hardware).
  2. Perangkat Lunak (software).
  3. Data base.
  4. Prosedur (pedoman program).
  5. Petugas pengoperasian (Analis sistem, programmer, operator).

     Terima kasih telah membaca sampai selesai. Jika teman-teman merasa artikel ini bermanfaat, maka jangan lupa untuk membagikan pada yang lainnya. Jika artikel memiliki kekurangan, silahkan memberikan tanggapan di kolom komentar di bawah dan mari kita berdiskusi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan berkomentar dengan bijak.