Class dan Object, Konstruktor, Method dan Access Modifier pada Java

     Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh. Selamat datang kembali di blog ini. Bagaimana kabarnya hari ini, saya doakan semoga baik-baik saja. Terima Kasih karena masih mengunjungi blog ini. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang elemen-elemen pada java.
Class dan Object
     Class Merupakan kumpulan objek-objek yang memiliki kemiripan perilaku (method), ciri atau karakteristik (properti). Objek Merupakan suatu bentuk, baik yang nyata atau tak nyata, seperti manusia, hewan, tumbuhan, benda, konsep, aliran. Objek yang merupakan turunan langsung dari kelas.
Perbedaan Class dan Object disertai nilai nya
Deklarasi Class
     Berikut sintaks dasar dari penulisan Class.
<Modifier> class <nama_kelas>{
     <Atribut_declaration>;
     <Constructor_declaration>;
     <Method_declaration>;
}
     Contoh penulisan dalam program.
Public class mahasiswa{
     String nama;
     string umur;

     Public mahasiswa(){//konstruktor
     }
     
     Public void tampildata(){//Method
     system.out.println("Nama : "+nama)
     system.out.print("Umur : "+umur)
     }
}
     Dari contoh diatas, terdapat atribut String = nama;. Atribut merupakan data atau informasi yang dimiliki oleh object, atau yang biasa kita kenal dengan nama variabel. Terdapat 2 jenis variabel yaitu :
Instance Variable (Variabel Object)
     Variabel object dapat mempunyai nilai yang berbeda untuk setiap object, meskipun didalam kelas yang sama. Contoh variabel dalam program.
Variabel object nama orang dimana nama sebagai variabel, sedangkan orang sebagai object.
Public class Orang{ 
     String Nama; //atribut
}
Class Variable (Variabel kelas)
     Mempunyai nilai yang sama di class itu. Contoh penulisan dalam program.
Public class orang{
     public string nama;
}
kemudian dalam kelas lain variabel nama dipanggil dan diberi nilai.
Public class mahasiswa{
     orang org = new orang();
     org.nama = "Kurumi Ichinose"
}
Dari contoh diatas kita dapat menyimpulkan nilai dari variabel nama pada kedua kelas itu adalah sama, yaitu Kurumi Ichinose.
Konstruktor
     Konstruktor merupakan method khusus yang dipanggil untuk membuat object. Setiap class membuat konstruktor dan konstruktor default akan dibuatkan oleh kompiler (akan kelihatan menggunakan netbeans). Konstruktor tidak memiliki parameter dan tidak memiliki kembalian. Nama Konstrukror sama dengan nama class. Berikut contoh penulisan konstruktor.
Public class Orang{ 
     //attribute 
     Public Orang(){ //Konstruktor 
     }
}
Method
     Method adalah kumpulan perilaku (behavior) dari object atau kelas tertentu. Method merupakan kerja atau fungsi yang dapat dilakukan oleh object. Berdasarkan Ouputnya method terbagi menjadi 2 bagian.
Method yang mengembalikan nilai
     Ditandai dengan kunci return. Contoh dalam program.
Public static double hitungKeliling (Float r){ 
     Method body;
     Return kelilingLingkaran;
}

Method yang tidak mengembalikan nilai
     Ditandai dengan kata kunci void. Contoh penulisan dalam program.
public void static void printLulus (Double Nilai){
     Method body;
}
     Variabel yang ada pada method bersifat lokal, dan hanya bisa diakses pada method tersebut. Dalam pengolahan data pada method terdapat istilah "Passing Parameter by value” yang artinya method dengan memasukkan tipe data primitif, hanya mengolah nilai dari parameter saja dan tidak akan mengubah nilai akhir parameter tersebut. Dengan arti lain nilai variabel yang dimasukkan sebagai input pada method tidak akan bisa berubah meskipun diproses oleh method lain. Kemudian ada istilah "Passing Parameter By Reference", jika parameter adalah objek, bukan tipe data primitif, menyebabkan nilai parameter berubah.
Access Modifier
     Access modifier digunakan untuk mengatur pengaksesan. Gunanya agar data dan metode dari suatu class tidak selalu bisa diakses secara bebas. Ada 4 Jenis Access Modifier yaitu :
  1.  Akses Default (Package Accessibility).
  2. Akses Public.
  3. Akses Protected.
  4. Akses Private.
     Access modifier harus dituliskan kecuali (default). Pada akses public, data dan method dapat diakses oleh semua kelas yang ada bahkan jika diakses oleh kelas package lain, sedangkan akses private hanya dapat diakses oleh kelas tempat data dan method dibuat. Akses protected bisa diakses semua kelas maupun sub kelas yang berada pada package sama. Berikut efisiensi penggunaan modifier.
  1. Modifier private dan protected hanya dapat dipakai pada elemen class, bukan pada class itu sendiri.
  2. Gunakan Private untuk menyembunyikan bagian class secara penuh dari kelas lain.
  3. Gunakan modifier default untuk membuatnya hanya dapat diakses oleh class dalam package yang sama.
  4. Gunakan protected untuk membuatnya hanya dapat diakses class dan turunannya (subclass).
  5. Gunakan Public agar dapat diakses secara penuh.
     Terima kasih telah membaca sampai selesai. Jika teman-teman merasa artikel ini bermanfaat, maka jangan lupa untuk membagikan pada yang lainnya. Jika artikel memiliki kekurangan, silahkan memberikan tanggapan di kolom komentar di bawah dan mari kita berdiskusi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan berkomentar dengan bijak.