Evolusi dan Manfaat Computer Based Information System (CBIS)

     Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh. Selamat datang kembali di blog ini. Bagaimana kabarnya hari ini, saya doakan semoga baik-baik saja. Terima Kasih karena masih mengunjungi blog ini. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang computer based information system (CBIS).
Pengertian CBIS
     CBIS atau kepanjangan dari Computer Based Information System atau Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan sistem pengolahan data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat digunakan sebagai alat bantu yang mendukung untuk pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. CBIS juga merupakan sistem informasi yang telah menggunakan teknologi komputer terutama pada elemen hardware dan software nya.
     CBIS berevolusi mulai dari bagaimana mendapatkan data, kemudian bagaimana mengolah data, revisi pada keputusan (SPK), kini pada komunikasi (otomatisasi perkantoran), dan potensial pada konsultasi (sistem pakar). Berikut adalah penjelasan evolusi CBIS lebih lanjut.
  1. Perkembangan awal dimulai dari data. Sebagai contoh adalah aplikasi akuntansi berbasis komputer, disebut juga dengan pengolahan data elektronik (EDP). Salah satu EDP adalah sistem informasi akuntansi (SIA). SIA melaksanakan akuntansi perusahaan dengan aplikasi yang ditandai pengolahan data yang tinggi. Tujuan dari pengolahan data ini adalah mengumpulkan data yang menjelaskan kegiatan perusahaan, mengubah data tersebut menjadi informasi serta menyediakan informasi bagi pemakai dalam maupun di luar perusahaan.
  2. Perkembangan CBIS kemudian beralih pada informasi. Sistem yang menjadi hasilnya adalah sistem informasi manajemen (SIM). Sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi pemakai dengan kebutuhan yang serupa (Raymond McLeod, JR). Dan menurut Gordon B. Davis, SIM merupakan integrasi manusia dan mesin guna menyediakan informasi untuk mendukung fungsi operasional manajemen &pengambilan keputusan yang terstruktur pada suatu organisasi.
  3. Fokus CBIS kemudian pada penunjang keputusan. Sistem Penunjang Keputusan (SPK) merupakan sistem komputer yang interaktif yang membantu pembuat keputusan dalam menggunakan dan memanfaatkan data & model untuk memecahkan masalah yang tidak terstuktur.
  4. Fokus Kini pada Komunikasi (Otomatisasi Perkantoran) / OA (Office Automation). Semua sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi. Fungsi OA adalah memudahkan segala jenis komunikasi dan menyediakan informasi yang lebih baik untuk pengambilan keputusan. Tujuan OA adalah penghindaran biaya, pemecahan masalah kelompok dan sebagai pelengkap. 
  5. CBIS berevolusi menjadi sistem pakar. Sistem pakar adalah program komputer yang berfungsi seperti manusia yang memberikan konsultasi kepada pemakai mengenai cara pemecahan masalah.
Elemen CBIS
     Elemen yang terdapat pada CBIS adalah sebagai berikut.
Elemen-elemen yang ada pada CBIS
Mengelola CBIS
  1. Manajer bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memelihara CBIS.
  2. Dalam beberapa situasi, manajer harus dapat mengerjakan semua tugas tanpa bantuan.
  3. Spesialis informasi memberikan bantuan teknis jika diperlukan.
  4. CBIS yang dikembangkan manajer harus merencanakan life cycle dan kemudian mengontrol para spesialis.
  5. Mengontrol sumber CBIS untuk menjaga penampilan sistem dengan segala kemampuan, setelah implementasi.
Manfaat CBIS
  1. Penghematan waktu (time saving).
  2. Penghematan biaya (cost saving).
  3. Peningkatan efektivitas (effectiveness).
  4. Pengembangan teknologi (technology development).
  5. Pengembangan personel akuntansi (accounting staff development). 
     Terima kasih telah membaca sampai selesai. Jika teman-teman merasa artikel ini bermanfaat, maka jangan lupa untuk membagikan pada yang lainnya. Jika artikel memiliki kekurangan, silahkan memberikan tanggapan di kolom komentar di bawah dan mari kita berdiskusi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan berkomentar dengan bijak.