Pengertian, Jenis-jenis dan Manfaat Jaringan Komputer

     Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh. Selamat datang kembali di blog ini. Bagaimana kabarnya hari ini, saya doakan semoga baik-baik saja. Terima Kasih karena masih mengunjungi blog ini. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang jaringan komputer.
Pengertian Jaringan Komputer
     Jaringan Komputer adalah himpunan inter koneksi antara dua komputer atau lebih yang terhubung melalui media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless). Jenis komputer yang memiliki koneksi satu sama lain adalah komputer autonomous, maksudnya komputer ini tidak melakukan kontrol penuh atas komputer lain dengan akses penuh. Dua komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling bertukar data dan informasi dan berbagi resource seperti penggunaan printer. Di dalam jaringan komputer dikenal sistem koneksi antar komputer yaitu:
  1. Peer to Perr, adalah jaringan komputer yang biasanya tidak lebih terdiri dari sepuluh komputer dengan satu sampai dua printer. Peer to Peer merupakan suatu model di mana tiap komputer bisa memakai resource pada komputer lain atau sebaliknya. Dengan kata lain semua komputer yang ada pada jaringan ini dapat berfungsi sebagai client maupun server pada saat yang sama.
  2. Client-Server, adalah jaringan dimana ada satu komputer yang berfungsi sebagai server yang hanya memberikan layanan pada komputer lain, dan client yang juga hanya meminta layanan pada server dengan melakukan login terlebih dahulu ke server yang dituju. Jenis layanan Client-Server antara lain adalah File Server (pengelolaan file), Print Server (pencetakan), Database Server (proses fungsional mengenai database dijalankan) dan DIP atau Document Information Processing (penyimpanan, manajemen dan pengambilan data).
Jenis-jenis Jaringan Komputer
  1. Local Area Network (LAN), adalah jaringan yang hanya mencakup area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh lingkungan, seperti kantor pada sebuah gedung dan kelas pada satu sekolah dan biasanya tidak lebih jauh dari 200 meter.
  2. Metropolitan Area Network (MAN). adalah jaringan yang meliputi area yang lebih besar dari LAN. Jika LAN terbentuk karena antar kantor pada sebuah gedung, maka MAN merupakan jaringan yang menghubungkan antar gedung. Dalam hal ini, MAN menghubungkan beberapa jaringan kecil dalam lingkungan area yang lebih besar. Misalnya satu cabang bank didalam kota besar menghubungkan jaringannya pada jaringan cabang-cabang lainnya.
  3. Wide Area Network (WAN), adalah jaringan yang biasanya sudah menggunakan media transmisi wireless, sarana satelit, atau kabel serat optic. Karena jangkauannya yang lebih luas, bukan hanya satu kota atau antar kota, melainkan mulai menjangkau wilayah otoritas negara lain. Sebagai contoh jaringan komputer kantor City Bank yang ada di Indonesia atau negara lain yang saling terhubung melalui jaringan ATM Master Card, Visa Card atau Cirrus yang tersebar pada seluruh dunia.
Perbedaan jarak antar jaringan komputer
     Tidak banyak berbeda antara LAN, MAN, maupun WAN  dalam beberapa hal. Hanya lingkup area nya saja yang berbeda. Tapi WAN lebih rumit dan kompleks bila dibandingkan LAN dan MAN.
Manfaat Jaringan Komputer
     Manfaat jaringan komputer untuk perusahaan antara lain:
  1. Resource Sharing, agar seluruh program, peralatan dan data bisa digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai.
  2. Keandalan Tinggi yang diperoleh karena tersedianya sumber daya alternatif.
  3. Menghemat Uang, komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga dan kinerja yang lebih baik dengan komputer yang besar yang menyebabkan para perancang sistem merasa lebih baik membangun sistem terdiri dari komputer-komputer kecil.
     Manfaat jaringan komputer untuk umum.
  1. Access ke informasi yang berada di tempat lain.
  2. Komunikasi orang ke orang.
  3. Hiburan Interaktif.
     Terima kasih telah membaca sampai selesai. Jika teman-teman merasa artikel ini bermanfaat, maka jangan lupa untuk membagikan pada yang lainnya. Jika artikel memiliki kekurangan, silahkan memberikan tanggapan di kolom komentar di bawah dan mari kita berdiskusi.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan berkomentar dengan bijak.