Mengenal Bahasa Pemrograman Java

     Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh. Selamat datang kembali di blog ini. Bagaimana kabarnya hari ini, saya doakan semoga baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang java.
Gambar tangan tulisan JAVA

     Java merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek. Java biasanya digunakan untuk mengembangkan aplikasi mandiri, aplikasi berbasis internet, aplikasi untuk perangkat cerdas yang dapat berkomunikasi melalui jaringan internet dan lain-lain, sehingga untuk menghadapi masalah-masalah pengembangan perangkat lunak, java bisa menjadi salah satu solusi yang tepat. Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai computer termasuk di ponsel. Java dapat membuat seluruh bentuk aplikasi seperti desktop, web ataupun yang lainnya. Java merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek yang dapat dijalankan di berbagai platform sistem operasi dan bersifat open source.
     Berikut karakteristik  java yang dikemukakan secara resmi oleh Sun.
  1. Sederhana Bahasa pemrograman Java menggunakan sintaks mirip dengan C++,namun telah banyak diperbaiki terutama menghilangkan penggunaan pointer yang rumit dan multiple inheritance. Java juga menggunakan automatic memory allocation dan memory garbage collection. 
  2. Object Oriented Java menggunakan pemrograman berorientasi objek yang membuat program dapat dibuat secara modular dan dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi objek memodelkan dunia nyata kedalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut.
  3. Dapat di distribusikan dengan mudah Java dibuat untuk membuat aplikasi terdistribusi secara mudah dengan adanya libreraries networking yang terintegrasi pada java.
  4. Interpreter Program java dijalankan menggunakan interpreter yaitu Java Virtual Machine (JVM) Hal ini menyembakan Source code java yang telah dikompilasi menjadi java bytecodes dapat  dijalankan pada platform yang berbeda-beda.
  5. Robust Java mempunyai reliabilitas yang tinggi. Compiler pada Java mempunyai kemampuan mendeteksi error secara lebih teliti dibanding bahasa pemrograman lain. Java mempunyai runtime-Exception handling untuk membantu mengatasi error pemrograman.
  6. Aman  Sebagai bahasa pemrograman untuk aplikasi internet dan terdistribusi, Java memiliki beberapa mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidak digunakan untuk merusak sistem komputer yang menjalankan aplikasi tersebut.
  7. Architecture Neutral Program Java merupakan platform independent.Program cukup mempunyai satu buah versi yang dapat dijalankan pada platform yang berbeda dengan JVM.
  8. Portable Source code maupun program Java dapat dengan mudah dibawa ke platform yang berbeda-beda tanpa harus dikompilasi ulang. 
  9. Performance Performance pada Java sering dikatakan kurang tinggi. Namun performance Java dapat ditingkatkan menggunakan kompilasi Java lain seperti buatan Inprise, Microsoft atau Symantec yang menggunakan Just in Time Compilers (JIT).
  10. Multithreaded Java mempunyai kemampuan untuk membuat suatu program yang dapat melakukan beberapa pekerjaan secara sekaligus dan simultan.
  11. Dinamis Java didesain untuk dapat dijalankan pada lingkungan yang dinamis. Perubahan pada suatu Class dengan menambahkan properti atau pun method dapat dilakukan tanpa mengganggu program yang menggunakan Class tersebut.
Ini adalah contoh script berbasis Java.
Contoh script berbasis Java
Berikut penjelasan dari gambar di atas.

Baris komentar 
/* ini adalah latihan pertamaku*/. Java menyediakan 3 cara untuk membuat komentar di antaranya menggunakan tanda /*….*/, tanda // dan tanda /**…**/.
Class
Public class Kode1 {. 
Baris diatas menggunakan kata kunci class untuk mendefinisikan kelas baru dan di ikuti nama dari kelas tersebut. Tanda kurung kurawal { digunakan untuk mengawali sebuah blok dalam program dan ditutup dengan }.
Method
Public static void main (string [ ] args){.
Baris diatas akan memulai method main ( ) yaitu method utama yang pasti di miliki oleh semua program Java (selain applet) dan akan di eksekusi pertama kali pada saat program di jalankan. Kata kunci public di gunakan untuk menentukan tingkat akses dari method. Artinya method tersebut dapat diakses oleh kode luar. Kata kunci static di gunakan karena method main ( ) akan dipanggil oleh interpreter java. Sebuah program Java tidak akan dapat di kompilasi tanpa adanya method main ( ).
Menampilkan Teks
System.out.println (“Hallo Temanku”);. 
Kode diatas digunakan untuk menampilkan teks “ Hallo Temanku” .
      Terima kasih karena telah membaca sampai akhir. Jika teman-teman merasa artikel ini bermanfaat, maka teman-teman bisa share artikel ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima kasih telah berkunjung. Silahkan berkomentar dengan bijak.